Tingkatan-tingkatan dalam ekosistem disebut trofik

Tingkatan-tingkatan dalam ekosistem disebut

Kunci jawaban soal Tingkatan-tingkatan dalam ekosistem disebut

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Tingkatan-tingkatan dalam ekosistem disebut trofik

 

Pembahasan

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang terdapat dalam suatu sistem ekologi. Ekosistem bisa dikatakan sebagai segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi dalam suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh.

 

Didalam ekosistem sendiri terdapat tingkatan-tingkatan yang disebut dengan trofik (rantai makanan). Rantai makanan merupakan tata letak dalam ekosistem terhadap makhluk hidup dalam proses memperoleh makanan.

 

Di dalam rantai makanan, kita dapat melihat aliran energi dari satu organisme ke satu organisme lainnya. Di dalam rantai makanan terdapat tingkatan-tingkatan sebagai berikut:

 

Tingkatan Rantai Makanan

  1. Produsen

Organisme yang dapat menghasilkan makanan dengan sendirinya tanpa bantuan dari organisme hidup lainnya. Organisme ini menghasilkan makanan melalui proses fotosintesis. Contoh dari organisme yang menjadi produsen adalah tumbuh-tumbuhan hijau.

 

  1. Konsumen primer (konsumen tingkat 1)

Organisme dalam rantai makanan yang sumber makanannya berasal dari produsen. Organisme-organisme yang bergantung dengan produsen ini merupakan hewan-hewan herbivora. Hewan herbivora merupakan hewan pemakan tumbuhan. Contoh dari hewan herbivora yang menjadi konsumen primer adalah rusa, jerapah, sapi, kambing, dan lain sebagainya.

 

  1. Konsumen sekunder (konsumen tingkat 2)

Organisme dalam rantai makanan yang sumber makanannya bergantung dengan memakan konsumen primer. Organisme-organisme ini yang bergantung dengan konsumen primer ini merupakan hewan-hewan seperti ular dan burung pemakan ulat.

Baca Juga:  Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es

 

  1. Konsumen tersier (konsumen tingkat 3)

Organisme dalam rantai makanan yang sumber makanannya bergantung dengan memakan konsumen sekunder. Organisme-organisme ini yang bergantung dengan konsumen sekunder ini merupakan hewan-hewan seperti burung elang.

 

  1. Konsumen puncak

Organisme dalam rantai makanan yang sumber makanannya bergandung dengan konsumen primer dan sekunder. Organisme-organisme ini yang bergantung dengan konsumen primer ini merupakan hewan-hewan karnivora (hewan pemakan daging). Pada posisi ini tidak ada lagi organisme yang dapat memangsa konsumen puncak, karena konsumen puncak merupakan posisi tertinggi dalam rantai makanan. Contoh konsumen puncak adalah singa, harimau, buaya, dan lain sebagainya.

 

  1. Dekomposer

Organisme pengurai yang membentuk mata rantai terakhir dalam rantai makanan. Mereka memecah hewan dan tumbuhan yang mati dan mengembalikan nutrisi penting ke tanah.

Check Also

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi berikut ini yang …