Fungsi pikiran pokok adalah sebagai

Fungsi pikiran pokok adalah sebagai

Kunci jawaban soal fungsi pikiran pokok adalah sebagai

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Fungsi pikiran pokok adalah sebagai inti dari suatu bacaan atau paragraf, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami paragraf tersebut.

 

Pembahasan

Pengertian Pokok Pikiran

Pokok pikiran adalah sebuah inti dari suatu bacaan atau sebuah topik yang nantinya akan dibahas lebih dalam melalui penjelasan-penjelasan pendukung. Suatu paragraf biasanya akan terdiri dari dua unsur utama.

 

Unsur pertama adalah topik yang akan dibahas atau bisa juga pokok pikiran. Lalu untuk unsur yang kedua merupakan sebuah kalimat pendukung. Dimana nantinya kalimat pendukung ini bisa jadi penjelas atau penguat dari pokok pikiran tersebut.

 

Fungsi Pokok Pikiran

Fungsi dari pokok pikiran sendiri adalah agar para pembaca lebih cepat dalam mengidentifikasi apa yang sebenarnya ingin disampaikan oleh si pembuat artikel atau paragraf tersebut.

 

Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya jika pokok pikiran akan lebih kuat dan lebih mudah dipahami maksudnya diperlukan beberapa kalimat pendukung.

 

Pokok Pikiran Berdasarkan Paragraf

Setelah mengetahui fungsi dari pokok pikiran pada penjelasan sebelumnya, ternyata pokok pikiran juga dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan paragrafnya lho. Diantaranya adalah paragraf deduktif, paragraph induktif, paragraph deskriptif, dan paragraf campuran.

 

Tentunya dari keempat paragraf tersebut memiliki cirinya masing-masing. Agar Anda lebih paham akan keempat paragraph tersebut. Yuk simak penjelasan selengkapnya yang ada di bawah ini.

 

  1. Paragraf Deduktif

Jenis paragraf yang pertama adalah deduktif, dimana dalam paragraf ini nantinya peletakan pokok pikiran akan berada pada bagian depan. Bisa dibilang jenis paragraf ini memiliki pola dari umum ke khusus.

Baca Juga:  Tahapan pendahuluan pada proposal penelitian mengandung unsur sebagai berikut

 

Struktur dari paragraf deduktif adalah diawali dari pokok pikiran dan didukung dari beberapa kalimat pendukung dibelakangnya. Karena memiliki struktur yang mudah dan begitu terperinci. Maka tak heran jika paragraph lebih sering digunakan.

 

  1. Paragraf Induktif

Berbeda dengan paragraf deduktif yang pokok pikiran atau kalimat utamanya pada awal paragraf. Jenis paragraf induktif menggunakan peletakan pokok pikiran pada bagian akhir paragraf.

 

Struktur yang dimiliki oleh paragraph jenis ini biasanya adalah dari umum ke khusus. Dimulai dari penjelasan umum yang akan mengacu pada pokok pikiran yang ada di akhir paragraf.

 

Tak hanya itu saja, ternyata paragraph induktif juga dibagi ke dalam tiga jenis yaitu jenis generalisasi, analogi, dan yang terakhir adalah kausalita.

Check Also

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi sebutkan unsur-unsur pendukung …