Pada zaman praaksara manusia memenuhi kebutuhannya dengan Berburu meramu dan bercocok tanam

Pada zaman praaksara manusia memenuhi kebutuhannya dengan

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal pada zaman praaksara manusia memenuhi kebutuhannya dengan

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Pada zaman praaksara manusia memenuhi kebutuhannya dengan

a. Berburu meramu dan bercocok tanam

b. Berproduksi dan berburu

c. Bercocok tanam dan meramu

d. Meramu dan bercocok tanam sayuran di dataran tinggi

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pada zaman praaksara manusia memenuhi kebutuhannya dengan Berburu meramu dan bercocok tanam (jawaban A)

 

Pembahasan

Kehidupan zaman praaksara adalah kehidupan pada saat catatan sejarah tertulis belum ada. Mengutip Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, masa praaksara disebut juga masa prasejarah atau masa nirleka.

 

Zaman praaksara adalah masa sebelum ditemukannya tulisan atau masa sebelum manusia mengenal tulisan. Manusia prasejarah termasuk Meganthropus Palaeojavanicus, Pithecanthropus Erectus, dan Homo Sapiens.

 

Kehidupan orang dahulu dibagi menjadi tiga periode, yaitu: Masa berburu dan mengumpulkan makanan, Masa bercocok tanam, Masa perundagian

 

Kehidupan Jaman Praaksara

Masa bercocok tanam

Masa bercocok tanam adalah masa dimana manusia mulai memenuhi kebutuhannya dengan membuka lahan di hutan untuk membangun ladang. Pada masa ini, manusia prasejarah mulai hidup di tempat tinggal sederhana secara berkelompok.

 

Namun kehidupan berburu dan meramu tidak sepenuhnya ditinggalkan. Masa ini sangat penting dalam sejarah perkembangan masyarakat karena banyak penemuan baru seperti penguasaan sumber daya alam, pemeliharaan flora dan fauna.

 

Masa berburu dan mengumpulkan makanan

Manusia purba pada masa ini selalu berpindah-pindah (nomaden) karena tidak memiliki tempat tinggal yang tetap. Untuk menemukan tempat yang menyediakan banyak bahan makanan.

Baca Juga:  Pengaruh hindu masuk ke wilayah indonesia dalam segala bidang kehidupan masyarakat indonesia. Contoh berkembangnya pengaruh india dalam tradisi pemerintahan bangsa indonesia adalah

 

Manusia purba mengumpulkan makanan yang tersedia di alam, tanpa terlebih dahulu mengolah atau membudidayakannya.

 

Masa perundagian

Pada masa ini, manusia sudah mengenal teknologi sederhana dan pembagian kerja. Dalam kehidupan pada masa Perundagian, manusia purba menemukan bijih logam dan mengenal pengolahan logam.

 

Sehingga berbagai alat mulai dibuat dari logam. Pertukangan dan pengecoran logam seperti perunggu, tembaga, dan besi untuk membuat barang-barang rumah tangga yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Meskipun terdapat alat-alat logam, manusia purba kala itu masih menggunakan alat-alat batu. Namun, penggunaan material mineral tidak seluas material batu. Karena persediaan mineral masih terbatas.

Check Also

Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari tuntunan orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah Akal Budi yang Berkembang

Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari tuntunan orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi menurut Ki Hajar …