Dahulu manusia memenuhi kebutuhan dengan cara saling menukar barang hal ini dikenal dengan istilah barter.

Dahulu manusia memenuhi kebutuhan dengan cara saling menukar barang hal ini dikenal dengan istilah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal dahulu manusia memenuhi kebutuhan dengan cara saling menukar barang hal ini dikenal dengan istilah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Dahulu manusia memenuhi kebutuhan dengan cara saling menukar barang hal ini dikenal dengan istilah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Dahulu manusia memenuhi kebutuhan dengan cara saling menukar barang hal ini dikenal dengan istilah barter.

 

Pembahasan

Barter adalah kegiatan pertukaran barang yang terjadi antara dua pihak tanpa perantaraan alat tukar yaitu uang. Manusia selalu dihadapkan pada kenyataan bahwa apa yang mereka hasilkan sendiri tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

 

Untuk mendapatkan barang yang tidak dapat diproduksi sendiri, mereka mencari orang yang bersedia menukarkan barang yang dimilikinya dengan barang lain yang dibutuhkannya. Akibat barter, yaitu pertukaran barang dengan barang.

 

Saat ini barang-barang yang selalu digunakan untuk pertukaran muncul. Kesulitan yang dimiliki manusia dalam barter adalah sulitnya mempertemukan orang-orang yang saling membutuhkan dalam waktu yang bersamaan.

 

Kesulitan tersebut mendorong manusia untuk menciptakan kenyamanan dalam hal pertukaran, dengan menciptakan hal-hal tertentu sebagai alat pertukaran.

 

Bahkan hingga saat ini, kegiatan barter masih digunakan ketika terjadi krisis ekonomi karena mata uang mengalami devaluasi akibat hiperinflasi.

 

Salah satu kelemahan dari sistem barter adalah tidak adanya standar nilai yang jelas, namun karena barter dilakukan oleh dua pihak yang saling membutuhkan, barang-barang komoditi yang dianggap sama nilainya diterima oleh kedua belah pihak. Mereka setuju.

 

Salah satu kelemahan sistem barter adalah tidak memiliki standar nilai yang jelas, tetapi karena barter dilakukan oleh dua belah pihak yang saling membutuhkan, maka komoditi barang yang dianggap nilainya seimbang diterima oleh kedua belah pihak yang telah sepakat

Check Also

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah Mendapat pasar konsumen

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu pengujian …