Rantai makanan hanya bagian kecil dari sebuah

Rantai makanan hanya bagian kecil dari sebuah

Inilah kunci jawaban untuk soal rantai makanan hanya bagian kecil dari sebuah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Rantai makanan hanya bagian kecil dari sebuah ekosistem

 

Pembahasan

Hubungan antara makhluk hidup yang saling mempengaruhi akan menghasilkan suatu ekosistem. Dalam lingkungan ekosistem, terdapat hubungan antara jaring-jaring makanan yang saling terkait.

 

Ekosistem juga dapat diartikan sebagai suatu sistem ekologi yang di dalamnya terdapat hubungan timbal balik antara keanekaragaman jenis dengan perputaran materi dan aliran energi melalui komponen-komponen yang terkandung di dalamnya.

 

Pengertian Rantai Makanan

Rantai makanan merupakan bagian dari jaring-jaring makanan. Meskipun rantai makanan dan jaring makanan terlihat sama, mereka sedikit berbeda.

 

Rantai makanan adalah rangkaian proses makan dan dimakan antara makhluk hidup berdasarkan urutan tertentu yang di dalamnya terdapat produsen, konsumen dan pengurai (dekomposer) untuk kelangsungan hidup.

 

Secara sederhana, rantai makanan dapat dilihat secara berurutan dari produsen, konsumen, dan pengurai. Lain halnya dengan jaring-jaring makanan. Jaring makanan adalah kombinasi dari rantai makanan yang saling berhubungan dan tumpang tindih dalam suatu ekosistem.

 

Fungsi Rantai Makanan dan Jaring Makanan

Tujuan mendasar dari jaring makanan adalah untuk menggambarkan rantai makanan antar spesies dalam suatu komunitas.

 

Jaring makanan dapat dibangun untuk menggambarkan interaksi spesies. Semua spesies dalam jaring makanan dapat dibedakan menjadi spesies basal (autotrof, seperti tumbuhan), spesies perantara (herbivora dan karnivora tingkat menengah, seperti belalang dan kalajengking), dan spesies puncak atau predator (karnivora tingkat tinggi).

 

Pengelompokan spesies pada tingkat trofik membantu kita memahami hubungan antar spesies. Berikut ini beberapa fungsi jaring-jaring makanan yang perlu Anda ketahui:

  • Mendeskripsikan interaksi langsung antar spesies yang ada dalam ekosistem itu sendiri, sehingga dapat dibedakan hubungan antar spesies mana yang termasuk dalam spesies basal, spesies peralihan dan mana yang merupakan spesies predator puncak.
  • Sebagai penyederhanaan dalam memahami hubungan antara spesies dan fungsi dalam mempelajari kontrol bottom-up dan kontrol top-down dalam suatu struktur komunitas.
  • Mempelajari kontrol top-down atau kontrol bottom-up dalam struktur atau bentuk komunitas.
Baca Juga  Diketahui suatu bakteri dapat membelah diri menjadi tiga setiap 13 menit. Jika banyak bakteri mula-mula berjumlah 20, diperlukan waktu t agar jumlah bakteri menjadi 14.580. Jika bakteri tersebut membelah diri menjadi tiga setiap 26 menit, banyak bakteri setelah waktu t adalah

 

Dengan proses rantai makanannya sendiri, makhluk hidup dapat tumbuh dan bertahan hidup.