Kecerdasan Kinestetik

Jenis kecerdasan apa saja yang dikembangkan dalam kedua pembelajaran tersebut

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan kunci jawaban soal jenis kecerdasan apa saja yang dikembangkan dalam kedua pembelajaran tersebutyaitu

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Simaklah skenario pembelajaran berikut ini.

 

(A) Kegiatan Pembelajaran

1) Guru memulai pelajaran dengan mengajak siswa untuk berdiskusi tentang penghematan energi dan pentingnya sumber daya energi yang terbarukan. Guru dapat mempertanyakan bagaimana cara siswa menghemat energi di rumah dan di sekolah, dan apa yang mereka ketahui tentang energi terbarukan.

2) Setelah diskusi, siswa akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok akan diberikan tugas untuk membuat poster tentang sumber daya energi terbarukan dan bagaimana cara menghemat energi di rumah dan di sekolah. Guru memberikan panduan yang jelas tentang isi poster yang harus dibuat oleh setiap kelompok.

 

3) Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk merancang dan membuat poster,

menggunakan berbagai bahan seperti kertas, pensil warna, gunting, dan lem. Selama proses pembuatan poster, guru mengamati dan memberikan umpan balik positif pada setiap kelompok, memastikan setiap anggota kelompok terlibat dan memahami tujuan pembelajaran.

 

4) Setelah selesai membuat poster, setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil karya mereka dan menjelaskan apa yang mereka pelajari tentang sumber daya energi terbarukan dan cara menghemat energi. Siswa lain dapat memberikan umpan balik pada presentasi kelompok lain. Guru memberikan apresiasi dan selebrasi pada kelompok yang maju.

Baca Juga:  Mengapa cp dirancang dengan menggunakan metode backward design?

 

5) Setelah presentasi selesai, guru mengajak siswa untuk bermain permainan bola dengan menggunakan kaki dan tangan mereka untuk menjaga agar bola tetap di udara. Tujuan dari permainan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar siswa dan mempromosikan kebersamaan dan keterampilan sosial.

 

(B) Kegiatan Pembelajaran:

1) Guru memulai pembelajaran dengan memperlihatkan gambar-gambar benda-benda langit seperti matahari, bulan, bintang, planet, dan komet. Guru juga memberikan beberapa pertanyaan untuk merangsang rasa ingin tahu siswa, seperti “Apa yang membuat matahari bersinar?” atau “Kenapa bulan kadang-kadang tidak terlihat di langit?”.

 

2) Siswa kemudian dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan diberikan tugas untuk mencari informasi tentang alam semesta dan benda-benda langit menggunakan buku referensi dan internet. Setiap kelompok bertanggung jawab untuk menemukan informasi tentang satu benda langit yang berbeda.

 

3) Selama mencari informasi, siswa diminta untuk mencatat hal-hal penting yang mereka pelajari tentang benda langit yang ditugaskan kepada mereka.

 

4) Setelah selesai mencari informasi, setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan informasi yang mereka temukan kepada seluruh kelas. Guru memberikan umpan balik positif pada setiap kelompok dan siswa lain diberi kesempatan untuk bertanya tentang informasi yang disajikan.

 

5) Setelah presentasi selesai, guru memberikan tugas untuk mengisi peta konsep tentang benda langit yang mereka pelajari. Siswa diberikan kebebasan untuk mengekspresikan informasi tersebut dengan cara yang kreatif, misalnya dengan menggambar, menulis, atau membuat model.

 

6) Setelah selesai membuat peta konsep, setiap kelompok mempresentasikan peta konsep mereka kepada seluruh kelas. Guru memberikan umpan balik positif pada setiap kelompok dan siswa lain diberi kesempatan untuk memberikan saran dan masukan pada poster kelompok lain.

Baca Juga:  Untuk membantu murid mengaplikasikan kemampuannya di dunia nyata, maka murid dapat diberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif sebagai bagian dari masyarakat

 

Berdasarkan cuplikan 2 skenario pembelajaran di atas, jawablah pertanyaan sebagai berikut: Jenis kecerdasan apa saja yang dikembangkan dalam kedua pembelajaran tersebut?

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban dan Pembahasan

(A) Kegiatan Pembelajaran:

1) Kecerdasan Linguistik Verbal

Melalui diskusi dan pertanyaan guru, siswa diajak untuk berbicara dan berpikir tentang energi terbarukan dan cara menghemat energi. Mereka juga diminta untuk mempresentasikan hasil kerjanya secara lisan.

 

2) Kecerdasan spasial visual

Mahasiswa diharuskan merancang dan membuat poster tentang sumber energi terbarukan. Mereka menggunakan keterampilan visual dan spasial dalam mendesain tata letak poster dan memilih warna yang sesuai.

 

3) Kecerdasan Interpersonal

Siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk membuat poster dan mempresentasikan hasil karyanya kepada siswa lain. Mempromosikan kerja tim, komunikasi, dan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain.

 

4) Kecerdasan Kinestetik

Usai presentasi, para siswa diajak untuk bermain permainan bola menggunakan kaki dan tangan. Ini melibatkan keterampilan motorik kasar dan mempromosikan kerja sama tim dan keterampilan sosial.

 

(B) Kegiatan Pembelajaran:

1) Kecerdasan Logis Matematis

Siswa diajak untuk bertanya dan mencari jawaban atas pertanyaan tentang benda langit. Mereka diminta menggunakan buku referensi dan internet untuk mencari informasi dan melakukan proses pemecahan masalah.

 

2) Kecerdasan Interpersonal

Siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk mencari informasi dan mempresentasikan temuan penelitian mereka. Mereka berinteraksi dengan anggota kelompok mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa lain.

 

3) Kecerdasan Visual Spasial

Usai presentasi, para siswa diminta untuk membuat peta konsep benda langit yang dipelajarinya. Melibatkan kemampuan visual dan spasial dalam merancang dan mengatur informasi.

 

4) Kecerdasan Intrapersonal

Siswa diminta mencatat hal-hal penting yang mereka pelajari tentang benda langit. Ini melibatkan refleksi diri dan pemahaman diri tentang pengetahuan yang diperoleh.

Check Also

Dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen ditempatkan sebagai berikut, kecuali alat untuk menghasilkan nilai

Dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen ditempatkan sebagai berikut, kecuali

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen …