Tujuan melakukan pivot dalam permainan bola basket adalah bentuk pertahanan agar bola tidak direbut oleh lawan.

Tujuan melakukan pivot dalam permainan bola basket adalah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang mata pelajaran PJOK dengan soal yaitu tujuan melakukan pivot dalam permainan bola basket adalah

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Tujuan melakukan pivot dalam permainan bola basket adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Tujuan melakukan pivot dalam permainan bola basket adalah bentuk pertahanan agar bola tidak direbut oleh lawan.

 

Pembahasan

Pengertian Pivot

Dalam konteks permainan bola basket, pivot merujuk pada teknik atau gerakan yang dilakukan oleh pemain untuk berputar atau berbalik arah dengan salah satu kaki sebagai poros atau sumbu geraknya. Teknik ini sangat penting karena memungkinkan pemain untuk menghindari lawan, mencari ruang, dan menciptakan peluang untuk melakukan tembakan atau passing.

 

Dalam permainan bola basket, pivot biasanya digunakan saat pemain berada dalam posisi menerima bola dan ingin mencari celah di antara pemain bertahan lawan. Ketika pemain menerima bola, dia harus menjaga satu kaki tetap sebagai poros dan menggunakan kaki yang lain untuk bergerak atau berputar menghadapi arah yang diinginkan.

 

Teknik pivot juga berguna ketika pemain berada di bawah tekanan bertahan dari lawan. Dengan menggunakan pivot dengan bijak, pemain dapat menghindari pelanggaran atau kehilangan bola dan tetap memiliki kontrol atas permainan.

 

Dalam permainan bola basket, pivot merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh pemain. Melalui latihan dan pengalaman, pemain dapat meningkatkan kecepatan dan keakuratan gerakan pivot, sehingga menjadi lebih efektif dalam menghadapi situasi permainan yang berbeda-beda. Pivot menjadi kunci kesuksesan dalam mengatasi tekanan bertahan dari lawan dan menciptakan peluang untuk mencetak poin atau mengatur serangan timnya.

Baca Juga:  Kesalahan dalam permainan bola voli, kecuali

 

Tujuan Pivot Dalam Bola Basket

Pivot merupakan keterampilan penting dalam permainan bola basket yang memberikan sejumlah manfaat bagi pemain dan tim. Berikut adalah beberapa manfaat pivot dalam bola basket:

 

Menciptakan Ruang

Pivot memungkinkan pemain untuk menciptakan ruang di antara pemain bertahan lawan. Dengan berputar atau berbalik arah menggunakan teknik pivot, pemain dapat membuka celah di antara lawan, sehingga memberikan peluang untuk melepas tembakan atau melakukan passing kepada rekan satu tim yang lebih terbuka.

 

Menghindari Pelanggaran

Salah satu manfaat utama dari pivot adalah menghindari pelanggaran “traveling” atau “berjalan” serta “three-second violation”. Dengan menggunakan pivot, pemain dapat tetap bergerak atau berputar tanpa melanggar aturan langkah yang diizinkan, sehingga menjaga kontrol bola dan menghindari kehilangan giliran serangan.

 

Memperbaiki Posisi Bertahan

Pivot membantu pemain dalam posisi bertahan untuk menghadapi pemain lawan dengan lebih efektif. Dengan menggunakan pivot, pemain dapat mempertahankan jarak yang tepat dari lawan dan tetap menghadap pemain yang membawa bola, sehingga memudahkan untuk membaca gerakan lawan dan menghadang upaya tembakan atau passing.

 

Mengalihkan Perhatian Lawan

Saat mendapatkan tekanan dari pemain bertahan lawan, pivot dapat digunakan untuk mengalihkan perhatian lawan dan mencari celah untuk bergerak maju. Gerakan pivot yang cepat dan tajam dapat membingungkan lawan, sehingga membuka peluang untuk serangan atau tembakan.

 

Mengurangi Risiko Pemblokiran

Dengan pivot, pemain dapat menghindari pemblokiran dari pemain bertahan lawan. Teknik pivot yang baik membantu pemain untuk menjaga jarak yang tepat dari tangan lawan dan menciptakan sudut tembakan yang lebih baik, sehingga meningkatkan peluang mencetak poin.

 

Meningkatkan Keputusan Cepat

Pivot mengajarkan pemain untuk membuat keputusan dengan cepat dalam situasi permainan yang dinamis. Saat menerima bola, pemain harus segera memutuskan langkah selanjutnya, apakah akan melepas tembakan, melakukan passing, atau bergerak maju. Kemampuan membuat keputusan cepat ini sangat berharga dalam menjalankan serangan tim dengan efisien.

Check Also

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali Radslag, Guling depan

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi gerakan senam lantai …