Dalam penelitian ada sebuah dugaan yang belum tentu kebenarannya dan kesalahannya. hal demikian disebut Hipotesa

Dalam penelitian ada sebuah dugaan yang belum tentu kebenarannya dan kesalahannya. Hal demikian disebut

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi dalam penelitian ada sebuah dugaan yang belum tentu kebenarannya dan kesalahannya. hal demikian disebutmurid adalah

 

Untuk menjawab soal seperti ini, sebaiknya kamu mempelajari materi yang telah diajarkan sebelumnya  supaya lebih memudahkan untuk mengerjakan.

 

Tetapi apabila tetap kesulitan dalam menjawab soal yang ini, tenang saja karena jawaban dan pembahasan yang kami ambil dari berbagai referensi terpercaya akan kami berikan dalam artikel ini.

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Dalam penelitian ada sebuah dugaan yang belum tentu kebenarannya dan kesalahannya. Hal demikian disebut

A. Tema

B. Anggapan dasar

C. Hipotesa

D. Kesimpulan

E. Metodologi

 

Kunci Jawaban

Dalam penelitian ada sebuah dugaan yang belum tentu kebenarannya dan kesalahannya. hal demikian disebut Hipotesa (jawaban C).

 

Pembahasan

Dalam konteks penelitian, hipotesis adalah suatu pernyataan yang digunakan sebagai dasar atau dugaan awal tentang hubungan antara variabel-variabel tertentu. Hipotesis merupakan inti dari metode ilmiah dan penelitian, karena merupakan asumsi yang harus diuji melalui bukti empiris. Pada dasarnya, hipotesis adalah suatu dugaan atau prediksi mengenai hasil dari penelitian yang akan dilakukan.

 

Hipotesis digunakan untuk merumuskan pernyataan yang dapat diuji kebenarannya melalui proses penelitian. Dalam proses penelitian, para peneliti mengumpulkan data dan informasi yang relevan untuk menguji apakah hipotesis tersebut benar atau salah. Dengan kata lain, hipotesis adalah asumsi yang perlu diuji secara empiris untuk menentukan kebenarannya.

 

Seiring dengan perkembangan penelitian, hipotesis dapat dikembangkan lebih lanjut atau direvisi berdasarkan temuan-temuan yang diperoleh selama proses penelitian. Jika data yang ditemukan mendukung hipotesis, maka hipotesis tersebut dapat diterima sebagai suatu teori atau kesimpulan yang lebih kuat. Namun, jika data mengindikasikan sebaliknya, hipotesis dapat ditolak.

Baca Juga:  Teknik membaca dengan melompati informasi lain dan langsung menuju ke informasi yang kita inginkan disebut dengan teknik membaca

 

Hipotesis merupakan langkah awal yang penting dalam metode ilmiah karena membantu menentukan arah dan tujuan penelitian. Hipotesis membantu peneliti dalam merumuskan pertanyaan penelitian yang jelas dan mengarahkan upaya penelitian menuju pemahaman yang lebih mendalam tentang suatu fenomena. Dengan demikian, hipotesis memainkan peran sentral dalam memandu proses penelitian dan mendorong tercapainya kemajuan ilmiah.

Check Also

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi sebutkan unsur-unsur pendukung …