Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari tuntunan orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah Akal Budi yang Berkembang

Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari tuntunan orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi menurut Ki Hajar Dewantara, salah satu hasil dari tuntunan orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah

 

Untuk menjawab soal seperti ini, sebaiknya kamu mempelajari materi yang telah diajarkan sebelumnya  supaya lebih memudahkan untuk mengerjakan.

 

Tetapi apabila tetap kesulitan dalam menjawab soal yang ini, tenang saja karena jawaban serta pembahasan yang benar akan kami berikan dalam artikel ini.

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari tuntunan orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah

A. Arah minat dan Perubahan Karakteristik

B. Akal Budi yang Berkembang

C. Kekuatan Murid yang Semakin Meningkat.

D. Perubahan Dasar Hidup dan Tumbuh Kembang

 

Kunci Jawaban

Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari tuntunan orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah Akal Budi yang Berkembang (jawaban B).

 

Pembahasan

Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari tuntunan orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah “Akal Budi yang Berkembang.”

 

Pernyataan ini merujuk pada pentingnya membimbing dan mengarahkan anak-anak atau murid untuk mengembangkan potensi intelektual (akal) dan moral (budi) mereka. Ki Hadjar Dewantara memandang bahwa pendidikan tidak hanya sebatas menyampaikan pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan akhlak yang baik.

 

Dengan membimbing dan memberikan tuntunan, orang dewasa, termasuk guru dan orang tua, dapat membantu murid memahami nilai-nilai moral, etika, dan kebijaksanaan yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara ini, murid tidak hanya menjadi cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kebijaksanaan dan moral yang kuat untuk membuat keputusan yang baik dan berkontribusi positif dalam masyarakat.

Baca Juga:  Peristiwa kejadian penting tempat kejadian waktu kejadian pihak yang terlibat sumber sejarah

 

Penting untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendorong perkembangan akal budi murid agar mereka dapat menjadi individu yang cerdas, beretika, dan bijaksana dalam menghadapi berbagai situasi kehidupan.

Check Also

Wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas disebut artefak

Wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas disebut

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu wujud …