Berikut ini adalah hewan yang memanfaatkan medan magnet untuk melakukan migrasi, kecuali

Berikut ini adalah hewan yang memanfaatkan medan magnet untuk melakukan migrasi, kecuali

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi Berikut ini adalah hewan yang memanfaatkan medan magnet untuk melakukan migrasi, kecuali

 

Untuk menjawab soal seperti ini, sebaiknya kamu mempelajari materi yang telah diajarkan sebelumnya  supaya lebih memudahkan untuk mengerjakan.

 

Tetapi apabila tetap kesulitan dalam menjawab soal yang ini, tenang saja karena jawaban dan pembahasan yang kami ambil dari berbagai referensi terpercaya akan kami berikan dalam artikel ini.

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Berikut ini adalah hewan yang memanfaatkan medan magnet untuk melakukan migrasi, kecuali

A. Salmon

B. Penyu

C. Lobster duri

D. Beruang​

 

Kunci Jawaban

Berikut ini adalah hewan yang memanfaatkan medan magnet untuk melakukan migrasi, kecuali Beruang (Jawaban D).

 

Pembahasan

Berbagai hewan di dunia ini memiliki sistem unik dalam tubuh mereka. Sebagai contoh, beberapa hewan dilengkapi dengan bagian tubuh yang berfungsi sebagai kompas magnetik, digunakan sebagai alat navigasi untuk perjalanan jauh atau saat bermigrasi.

 

Ingin tahu lebih lanjut tentang hewan-hewan yang memiliki kemampuan ini? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

 

Hewan yang Memanfaatkan Magnet Bumi untuk Navigasi

Burung

Sejumlah jenis burung mampu mengenali arah terbangnya berdasarkan efek magnetik bumi. Jenis burung ini biasanya melakukan perpindahan tempat atau bermigrasi pada waktu-waktu tertentu, seringkali menempuh perjalanan ribuan kilometer.

Baca Juga:  Apa jenis tulang yang melindungi organ jantung dan paru-paru

 

Bagaimana mereka mengenali arah kembali? Mata burung memiliki bagian yang berfungsi sebagai kompas magnetik, mampu mendeteksi medan magnet bumi. Selain itu, mata burung juga memiliki fitur yang berperan sebagai kompas matahari, peka terhadap cahaya matahari yang membimbing burung ke arah yang diinginkan. Burung merpati adalah salah satu contohnya, digunakan sebagai pembawa pesan pada masa lalu.

 

Salmon

Setiap tahun, ikan salmon melakukan migrasi dari Samudra Pasifik atau Atlantik ke sungai-sungai tempat mereka dilahirkan. Perjalanan ini bisa mencapai lebih dari 1.000 kilometer. Para ilmuwan percaya bahwa ikan salmon menggunakan medan magnet bumi sebagai panduan dalam perjalanan mereka.

 

Meski masih menjadi misteri, ilmuwan berpendapat bahwa ikan salmon membawa ingatan medan magnet yang membantu mereka kembali ke tempat kelahiran untuk bertelur.

 

Kupu-kupu Raja

Kupu-kupu raja terbang melintasi Amerika Utara setelah keluar dari kepompongnya. Tubuh kupu-kupu ini mengandung magnetit, unsur magnet alamiah. Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa pergerakan kupu-kupu raja mengikuti garis medan magnetik bumi.

 

Penyu

Penelitian oleh Kenneth Lohmann dari Universitas Carolina Utara menunjukkan bahwa penyu dapat merespons medan magnet yang berbeda. Penyu ditempatkan dalam wadah yang dikelilingi alat penghasil medan magnet, dan hasilnya menunjukkan bahwa penyu mengikuti jalur medan magnet untuk tetap berada di perairan yang hangat dan kaya akan sumber makanan.

 

Lebah Madu

Lebah madu menggunakan medan magnet bumi untuk berkomunikasi. Mereka memberi tahu lebah lainnya tentang arah sumber makanan baru dengan melakukan tarian khusus yang mengandalkan posisi matahari.

 

Ikan Hiu

Ikan hiu sangat peka terhadap sinyal listrik dan dapat mendeteksi medan listrik kecil. Mereka memiliki organ khusus, ampula Lorenzini, yang memungkinkan mereka mendeteksi medan magnet bumi dan menggunakannya untuk navigasi.

Baca Juga:  Organisme berikut yang tidak dapat meningkatkan kandungan nitrogen tanah adalah

 

Lobster Duri

Lobster duri melakukan migrasi, dan penelitian menunjukkan bahwa mereka mampu merasakan medan magnet bumi. Dalam percobaan, lobster duri menyesuaikan pergerakan mereka sesuai dengan perubahan medan magnet, membimbing mereka dari lepas pantai Florida ke lautan lepas yang lebih hangat dan tenang pada akhir musim gugur.

 

Itulah sejumlah hewan yang memanfaatkan medan magnet bumi sebagai alat navigasi untuk mencari makan, bermigrasi, bahkan sebagai alat komunikasi. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda!

Check Also

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi berikut ini yang …