Tanaman menggunakan cahaya untuk fotosintesis, tanaman disebut juga makhluk hidup

Tanaman menggunakan cahaya untuk fotosintesis, tanaman disebut juga makhluk

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu tanaman menggunakan cahaya untuk fotosintesis , tanaman disebut juga makhluk

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Tanaman menggunakan cahaya untuk fotosintesis, tanaman disebut juga makhluk

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Tanaman menggunakan cahaya untuk fotosintesis, tanaman disebut juga makhluk hidup. Organisme yang melakukan fotosintesis akan menghasilkan makanannya sendiri, yang disebut dengan fotoautotrof

 

Pembahasan

Mengapa Tanaman Disebut Makhluk Hidup?

Tanaman disebut sebagai makhluk hidup karena mereka memenuhi kriteria dasar yang mendefinisikan kehidupan. Berikut beberapa alasan mengapa tanaman dianggap sebagai makhluk hidup:

 

Reproduksi

Tanaman dapat berkembang biak dengan cara yang khas bagi mereka, seperti pembentukan biji, spora, atau stek. Mereka memiliki mekanisme untuk menghasilkan keturunan yang serupa dengan diri mereka.

 

Respon terhadap Stimulus

Tanaman memiliki kemampuan untuk merespons rangsangan dari lingkungan mereka. Misalnya, mereka dapat merespons perubahan dalam intensitas cahaya, suhu, dan kelembaban dengan cara yang memungkinkan mereka untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

 

Metabolisme

Seperti makhluk hidup lainnya, tanaman memiliki proses metabolik yang penting untuk memperoleh energi dan nutrisi. Mereka melakukan fotosintesis, di mana mereka mengubah cahaya matahari menjadi makanan dan oksigen.

 

Tumbuh dan Berkembang

Tanaman tumbuh dari biji atau tunas dan mengalami perkembangan dari fase awal hingga dewasa. Mereka juga dapat mengalami perubahan dalam struktur dan ukuran sepanjang hidup mereka.

Baca Juga:  Substansi yang dikeluarkan serangga untuk mempengaruhi serangga lain yang sejenis dan menghambat berproduksi disebut

 

Memiliki Struktur Seluler

Tanaman terdiri dari sel-sel yang membentuk berbagai jaringan, organ, dan sistem dalam tubuh mereka. Mereka memiliki struktur seluler yang kompleks dan spesialisasi dalam fungsi tertentu.

 

Memiliki Materi Genetik

Tanaman memiliki materi genetik dalam bentuk DNA, yang mengkodekan informasi genetik mereka. DNA ini diwariskan dari generasi ke generasi dan mengontrol sifat-sifat keturunan mereka.

 

Evolusi

Tanaman telah mengalami proses evolusi selama jutaan tahun, menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan lingkungan dan tekanan seleksi alam.

 

Interaksi dengan Lingkungan

Tanaman berinteraksi dengan lingkungannya, baik dengan tanaman lain, hewan, atau faktor-faktor non-hidup seperti cuaca dan tanah. Mereka memiliki peran penting dalam ekosistem, memberikan makanan dan tempat tinggal bagi berbagai makhluk lainnya.

 

Oleh karena itu, meskipun tanaman tidak memiliki sistem saraf atau kemampuan untuk bergerak seperti hewan, mereka tetap dianggap sebagai makhluk hidup karena mereka memenuhi sebagian besar karakteristik utama yang mendefinisikan kehidupan. Tanaman berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan mendukung kehidupan di Bumi.

Check Also

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi berikut ini yang …