Apa yang dimaksud dengan perkembangbiakan okulasi dan berikan contoh tanamannya

Apa yang dimaksud dengan perkembangbiakan okulasi dan berikan contoh tanamannya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang mata pelajaran Biologi dengan sebuah soal yaitu apa yang dimaksud dengan perkembangbiakan okulasi dan berikan contoh tanamannya

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Apa yang dimaksud dengan perkembangbiakan okulasi dan berikan contoh tanamannya

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Perkembangbiakan okulasi adalah metode perkembangbiakan tanaman yang melibatkan penyatuan dua bagian tanaman yang berbeda untuk menghasilkan tanaman baru dengan sifat-sifat yang diinginkan. Dalam proses ini, bagian atas yang disebut “okul” (mengandung mata tunas) dari tanaman induk digabungkan dengan batang bawah atau “bahan bawah” dari tanaman lain.

 

Contoh Tanaman Perkembangbiakan Okulasi adalah jeruk, anggur, mawar, buah persik, apel, anggrek, mangga, rambutan, bunga kamboja.

 

Pembahasan

Pengertian Perkembangbiakan Okulasi

Perkembangbiakan Okulasi merupakan teknik pembiakan tanaman secara vegetatif dengan cara menempelkan mata tunas dari suatu tanaman kepada tanaman.

 

Okulasi adalah salah satu cara meningkatkan mutu tumbuhan dengan cara menempelkan sepotong kulit pohon yg bermata tunas dari batang atas pada suatu irisan dari kulit pohon lain dari batang bawah sehingga tumbuh bersatu menjadi tanaman yang baru.

 

Proses Okulasi

Proses perkembangbiakan okulasi dimulai dengan memilih tanaman induk yang memiliki mata tunas yang sehat dan berkualitas. Mata tunas ini kemudian dipotong dan ditempatkan pada bahan bawah yang telah disiapkan sebelumnya. Potongan mata tunas umumnya memiliki bentuk segitiga, di mana bagian pangkal mata tunas ditempatkan di atas batang bawah. Setelah itu, kedua bagian tersebut diikat erat menggunakan bahan pengikat seperti tali plastik atau pita tahan cuaca.

Baca Juga:  Manfaat yang diperoleh dengan melakukan klasifikasi makhluk hidup adalah

 

Selama proses penyatuan, jaringan tanaman induk dan bahan bawah mulai tumbuh bersama-sama, membentuk hubungan yang kuat dan saling mendukung. Ketika penyatuan berhasil, mata tunas yang ditempatkan di bahan bawah akan mulai tumbuh dan berkembang menjadi tunas baru. Setelah tunas tumbuh dengan cukup besar, bagian atas batang bawah yang tidak diperlukan lagi dapat dipotong.

 

Keuntungan Okulasi

Perkembangbiakan okulasi memiliki beberapa keuntungan yang menjadikannya metode yang populer dalam dunia pertanian:

 

  1. Pemuliaan Tanaman: Okulasi memungkinkan pemulia untuk menggabungkan sifat-sifat unggul dari dua tanaman yang berbeda, menghasilkan tanaman baru dengan kualitas yang lebih baik.
  2. Penghematan Waktu: Tanaman yang dihasilkan dari okulasi cenderung tumbuh lebih cepat daripada tanaman yang diperbanyak dengan biji, sehingga menghemat waktu bagi petani.
  3. Penghematan Ruang: Okulasi memungkinkan petani untuk menghasilkan lebih banyak tanaman dalam ruang yang lebih sedikit, karena tanaman okulasi dapat ditanam lebih rapat.

 

Contoh Tanaman Perkembangbiakan Okulasi

Berikut ini adalah beberapa contoh tanaman yang sering diperbanyak menggunakan metode perkembangbiakan okulasi:

  1. Jeruk

Mata tunas dari varietas jeruk yang memiliki buah berkualitas tinggi dapat ditempatkan pada batang bawah dari jenis jeruk yang memiliki akar yang kuat. Hasilnya adalah tanaman jeruk yang menghasilkan buah yang lezat dan berukuran besar.

 

  1. Anggur

Mata tunas dari varietas anggur yang memiliki kualitas rasa yang baik dapat disatukan dengan batang bawah dari tanaman anggur yang memiliki ketahanan terhadap penyakit.

 

  1. Mawar

Mata tunas dari varietas mawar dengan bunga yang indah dapat diokulasi pada batang bawah yang kokoh, menghasilkan tanaman mawar dengan beragam warna dan bentuk bunga.

 

  1. Buah Persik

Mata tunas dari varietas persik yang memiliki buah manis dan lezat dapat diokulasi pada bahan bawah yang memiliki kemampuan tumbuh dengan baik.

Baca Juga:  Mengapa hubungan antara kupu-kupu dan bunga dikatakan sebagai simbiosis mutualisme

 

  1. Buah Apel

Mata tunas dari varietas apel yang tahan penyakit atau memiliki buah yang tahan lama dapat diokulasi pada batang bawah yang kuat.

 

  1. Anggrek

Mata tunas dari anggrek dengan bunga indah dan unik dapat ditempatkan pada batang bawah yang sesuai, menghasilkan anggrek yang menarik dan cantik.

 

  1. Maple Jepang

Mata tunas dari maple Jepang dengan daun berwarna-warni dapat diokulasi pada tanaman maple lain yang memiliki pertumbuhan yang baik.

 

  1. Bunga Mawar Air (Water Lily)

Bagian tanaman yang mengapung di permukaan air dapat diokulasi dengan bagian tanaman yang berkembang di bawah air, menciptakan tampilan bunga yang indah di atas permukaan dan akar yang kuat di bawah air.

 

  1. Tanaman Cemara Udang

Mata tunas dari cemara udang yang memiliki daun merah marun yang indah juga dapat diperbanyak melalui okulasi.

 

  1. Pohon Bonsai

Mata tunas dari varietas pohon yang cocok untuk bonsai dapat diokulasi pada batang bawah yang sesuai, menghasilkan pohon bonsai yang memiliki bentuk dan karakteristik yang diinginkan.

Check Also

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi berikut ini yang …