Karangan nonfiksi terdapat pada buku

Karangan nonfiksi terdapat pada buku

Kunci jawaban soal karangan nonfiksi terdapat pada buku

A. Dongeng

B. Cerpen

C. Komik

D. Sejarah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Karangan nonfiksi terdapat pada buku Sejarah (jawaban D)

 

Pembahasan

Pengertian Karangan Nonfiksi

Karangan Nonfiksi adalah karangan yang dihasilkan dalam bentuk kisah nyata atau kisah kehidupan sehari-hari yang dituangkan dalam sebuah cerita. Contoh artikel nonfiksi adalah jurnal ilmiah, karya jurnalistik, disertasi, biografi, berita, dll. Dalam pemilihan di atas, cerpen dan nonfiksi dianggap sebagai teks fiksi, sedangkan berita adalah nonfiksi.

 

Cerita nonfiksi adalah karangan atau tulisan yang informatif, dan penulis bertanggung jawab atas kebenaran peristiwa, orang, dan/atau informasi yang disampaikan.

 

Oleh karena itu, dalam menyusun kerangka isi cerita nonfiksi diperlukan penelitian yang cermat berdasarkan informasi dan data yang akurat serta fakta atau fakta dari suatu peristiwa atau masalah yang berkaitan dengan topik yang akan ditulis.

 

Hal ini harus diperhatikan karena cerita ini biasanya dijadikan sebagai sumber atau bahan referensi untuk memperoleh informasi bagi para pembacanya. Bahasa yang digunakan dalam cerita juga harus logis dan dapat diterima oleh nalar pembaca, dan bahasa yang digunakan bersifat formal bukan informal.

 

Ciri Cerita Nonfiksi

Berikut adalah beberapa ciri cerita nonfiksi yang harus Anda perhatikan ketika ingin mempelajarinya:

 

  1. Bahasa formal atau baku

Seperti yang saya katakan di atas, ciri pertama yang mudah dikenali dari kategori penulisan buku nonfiksi adalah penyampaiannya menggunakan bahasa formal, seperti terlihat dari judul bukunya, dan bukan penggunaan bahasa daerah. Bahasa formal dalam hal ini tidak menggunakan bahasa tulis sehari-hari atau kontemporer yang sedang berkembang saat ini, juga tidak menggunakan jenis tulisan yang berbeda.

Baca Juga  Strategi sq3r dimulai dari

 

  1. Bahasa denotatif

Apa itu Bahasa denotatif? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) terkait denotatif. Artinya kata yang didasarkan pada identifikasi yang jelas tentang sesuatu di luar bahasa atau yang didasarkan pada konvensi tertentu dan bersifat objektif. Keduanya memiliki kesamaan, dan konotasinya adalah makna dengan makna tematik dan menurut etimologinya. Makna tidak disertai dengan perasaan dan pikiran tanpa menciptakan nilai rasa tertentu.

 

  1. Isinya berkaitan dengan fakta/fakta

Isi buku cerita bersifat faktual dan faktual. Fakta tersebut sesuai dengan data yang diperoleh dari lapangan atau penelitian yang sudah ada sebelumnya. Isi buku yang disajikan bersifat faktual sehingga pembaca dapat mengambil manfaat dari informasi yang diberikan.

 

Ada banyak kategori buku nonfiksi, antara lain materi pendidikan, buku motivasi, dan buku referensi. Di antara sekian banyak jenis buku tersebut, masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dan memiliki satu kesamaan yaitu buku fiksi tanpa sumber.

 

  1. Tulisannya Bersifat Ilmiah Populer

Penulisan nonfiksi nonfiksi dikatakan dilakukan dengan gaya penulisan sains populer atau disesuaikan dengan format Puebi. Dengan kata lain, menulis tidak selalu kasar dan hanya itu. Dikatakan karya ilmiah populer karena disajikan dengan bahasa yang sesuai dengan pasar dan data yang diambil berdasarkan kajian dan survei penelitian lapangan serta kepustakaan dan mengacu pada referensi atau sumber yang sama.

 

  1. Isinya diambil dari penemuan atau yang sudah ada