Mengapa ulat berperan sebagai konsumen tingkat 1 dalam rantai makanan

Mengapa ulat berperan sebagai konsumen tingkat 1 dalam rantai makanan

Kunci jawaban soal mengapa ulat berperan sebagai konsumen tingkat 1 dalam rantai makanan

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Ulat berperan sebagai konsumen tingkat 1 dalam rantai makanan karena ulat merupakan konsumen yang memakan produsen.

 

Pembahasan

Tingkat Rantai Makanan

Tingkat trofik rantai makanan Dalam rantai makanan juga terdapat yang dinamakan dengan tingkat trofik. Tingkat trofik merupakan posisi makhluk hidup dalam rantai makanan.

 

Rantai makanan tersusun dari tingkat trofik rendah ke tingkat trofik tinggi. Tingkat trofik rantai makanan adalah produsen, konsumen I, konsumen II, dan konsumen puncak. Berikut penjelasannya:

 

  1. Produsen

Produsen adalah organisme yang mampu menghasilkan zat makanan sendiri, yaitu tumbuhan hijau atau organisme autotrof. Produsen menduduki tingkat tropik pertama.

 

  1. Konsumen I

Konsumen I adalah organisme yang menduduki tingkat tropik kedua disebut konsumen primer. Konsumen primer biasanya diduduki oleh hewan herbivora.

 

  1. Konsumen II

Konsumen II adalah organisme yang menduduki tingkat tropik ketiga disebut konsumen sekunder, diduduki oleh hewan pemakan daging (karnivor) dan seterusnya.

 

  1. Konsumen puncak

Konsumen puncak adalah organisme yang menduduki tingkat tropik tertinggi disebut konsumen puncak.

 

  1. Dekomposer

Dekomposer adalah organisme pengurai yang membentuk mata rantai terakhir dalam rantai makanan. Mereka memecah hewan dan tumbuhan yang mati dan mengembalikan nutrisi penting ke tanah.

Baca Juga:  Diketahui suatu bakteri dapat membelah diri menjadi tiga setiap 13 menit. Jika banyak bakteri mula-mula berjumlah 20, diperlukan waktu t agar jumlah bakteri menjadi 14.580. Jika bakteri tersebut membelah diri menjadi tiga setiap 26 menit, banyak bakteri setelah waktu t adalah

Check Also

Sel-sel hati berfungsi sebagai tempat perombakan sel-sel darah merah dan menguraikan hemoglobin sehingga menghasilkan Zat warna empedu atau bilirubin

Sel-sel hati berfungsi sebagai tempat perombakan sel-sel darah merah dan menguraikan hemoglobin sehingga menghasilkan

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi sel-sel hati berfungsi …