Pergerakan yang sebelumnya dilakukan secara fisik, mulai mengalami perkembangan dengan dilakukannya pergerakan nasional melalui pendekatan politik, ekonomi, dan Pendidikan

Pergerakan yang sebelumnya dilakukan secara fisik, mulai mengalami perkembangan dengan dilakukannya pergerakan nasional melalui

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal pergerakan yang sebelumnya dilakukan secara fisik, mulai mengalami perkembangan dengan dilakukannya pergerakan nasional melalui

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Pergerakan yang sebelumnya dilakukan secara fisik, mulai mengalami perkembangan dengan dilakukannya pergerakan nasional melalui

A. Diplomasi internasional

B. Pendekatan politik,ekonomi dan pendidikan

C. Pendekatan budaya

D. Pendekatan kepada bengsawan belanda

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pergerakan yang sebelumnya dilakukan secara fisik, mulai mengalami perkembangan dengan dilakukannya pergerakan nasional melalui pendekatan politik, ekonomi, dan Pendidikan (jawaban B).

 

Pembahasan

Indonesia dijajah oleh negara Belanda selama 3,5 abad kemudian dijajah oleh negara Jepang. Penjajahan tersebut sangat merugikan rakyat Indonesia.

 

Rakyat Indonesia sengsara, kelaparan, dan banyak yang meninggal akibat penjajahan yang dilakukan oleh Belanda dan Jepang. Oleh karena itu, muncullah pergerakan-pergerakan yang dilakukan oleh masyarakat. Pada awalnya, pergerakan tersebut dilakukan secara fisik tetapi selalu mengalami kegagalan.

 

Hal ini dikarenakan, senjata yang digunakan rakyat Indonesia lebih sederhana jika dibandingkan dengan senjata para penjajah. Seiring berjalannya waktu, mulai mengalami perkembangan dengan dilakukan pergerakan nasional melalui pendekatan politik, ekonomi, dan pendidikan.

 

Pergerakan tersebut dikenal dengan sebutan pergerakan nasional. Pergerakan nasional adalah suatu pergerakan yang dibentuk oleh masyarakat Indonesia untuk memperbaiki nasib rakyat Indonesia agar terlepas dari belenggu penjajahan dan merdeka. Faktor-faktor pergerakan nasional antara lain sebagai berikut:

  • Faktor dari luar negeri: kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905, adanya kebangkitan nasional negara tetangga (India, Cina, Turki), dan mauknya paham baru yaitu naionalisme.
  • Faktor dari dalam negeri: kegagalan pergerakan sebelumnya yang bersifat kedaerahan, penderitaan rakyat, dan munculnya golongan terpelajar.

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …