Budi Utomo merupakan organisasi yang dijadikan tanggal lahirnya kebangkitan nasional, karena Menggunakan organisasi modern dalam melawan penjajah

Budi Utomo merupakan organisasi yang dijadikan tanggal lahirnya kebangkitan nasional, karena

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal budi utomo merupakan organisasi yang dijadikan tanggal lahirnya kebangkitan nasional, karena

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Budi Utomo merupakan organisasi yang dijadikan tanggal lahirnya kebangkitan nasional, karena

A. Menggunakan sistem pengerahan massa

B. Tujuan pendiriannya dikhususkan pada pendidikan dan budaya

C. Tidak membedakan agama, suku bangsa, dan jenis kelamin

D. Menggunakan organisasi modern dalam melawan penjajah

E. Ruang gerak organisasinya bersifat jawa sentris

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Budi Utomo merupakan organisasi yang dijadikan tanggal lahirnya kebangkitan nasional, karena Menggunakan organisasi modern dalam melawan penjajah (jawaban D).

 

Pembahasan

Masyarakat Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei setiap tahunnya. Tanggal tersebut bertepatan dengan berdirinya organisasi pergerakan nasional Indonesia yang pertama, Budi Otomo.

 

Penetapan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) pada 20 Mei diprakarsai oleh Presiden Soekarno pada awal kemerdekaan.

 

Budi Utomo merupakan organisasi yang dijadikan sebagai lahirnya pergerakan nasional karena menggunakan organisasi modern untuk melawan penjajah.

 

Ide penyelenggaraan Hari Kebangkitan Nasional sendiri muncul dua tahun setelah Indonesia merdeka. Pada tahun 1947, Belanda melancarkan agresi militer terhadap Indonesia yang mengakibatkan keresahan sosial, politik dan ekonomi.

 

Segera setelah itu, partai oposisi pemerintah yang dipimpin oleh Amir Sarifuddin bernama Front Demokrasi Rakyat muncul.

 

Dari permasalahan yang muncul, Presiden Sukarno menilai diperlukan simbol untuk mempersatukan bangsa. Karena begitu besarnya pengaruh gerakan Bodi Otomo dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, maka Presiden Sukarno menetapkan tanggal 20 Mei 1948 sebagai hari lahir Bodi Otomo sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Baca Juga:  Sistem tanam paksa mewajibkan rakyat menanami sebagian dari sawah atau ladang nya dengan tanaman yang ditentukan oleh pemerintah dan hasilnya diserahkan kepada pemerintah. Dampak pelaksanaan cultuur stelsel dengan sistem tanam paksa di Indonesia adalah

 

Presiden Soekarno menilai Organisasi Budi Otomo sebagai tonggak awal kebangkitan bangsa Indonesia.

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …