Pembentukan panitia kecil pada 1 juni 1945 dalam bpupki dimaksudkan untuk Membahas dasar negara

Pembentukan panitia kecil pada 1 juni 1945 dalam BPUPKI dimaksudkan untuk

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu pembentukan panitia kecil pada 1 juni 1945 dalam BPUPKI dimaksudkan untuk

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Pembentukan panitia kecil pada 1 juni 1945 dalam BPUPKI dimaksudkan untuk

A. Menentukan anggota BPUPKI

B. Mempersiapkan terbentuknya PPKI

C. Membahas usul-usul atau rumusan anggota BPUPKI pada sidang I

D. Membahas dasar negara

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pembentukan panitia kecil pada 1 juni 1945 dalam bpupki dimaksudkan untuk Membahas dasar negara (jawaban D)

 

Pembahasan

Pada tanggal 1 Juni 1945, Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) menyelenggarakan rapat umum pertama tentang perumusan usul-usul dasar negara Indonesia. Saat itu, Presiden menyampaikan rumusan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

 

Pada hari yang sama, disepakati untuk membentuk panitia kecil beranggotakan sembilan orang yang keanggotaannya diambil dari kepanitiaan BPUPKI.

 

Panitia Sembilan sendiri diketuai oleh Ir. Soekarno. Tugasnya adalah menyusun pembukaan UUD 1945 yang kemudian dikenal dengan Piagam Jakarta.

 

Dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia tidak terlepas dari perjuangan berbagai pahlawan yang berjuang membentuk negara.

 

Indonesia telah menyaksikan sejarah kolonialisme yang panjang, dengan bangsa Indonesia melakukan berbagai macam perjuangan dan strategi perlawanan untuk mengusir penjajah.

 

Perjuangan bangsa Indonesia diawali dengan peperangan yang dilakukan oleh raja-raja atau pemimpin di masing-masing daerah atau kerajaan tertentu. Bahkan memasuki masa dimana pergerakan nasional menjadi ujung tombak perubahan perjuangan bangsa menjadi lebih kuat dengan rasa nasionalisme yang tinggi.

 

Maka pada masa menjelang kemerdekaan bangsa Indonesia telah melakukan persiapan-persiapan untuk kemerdekaan salah satunya dengan dibentuknya BPUPKI dan dilanjutkan dengan PPKI.

Baca Juga:  Wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas disebut

 

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi Cosakai merupakan salah satu bentuk upaya Jepang dalam keterlibatannya dalam menjanjikan kemerdekaan Indonesia.

 

Organisasi ini dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945. Misi BPUPKI adalah mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dan pembentukan negara Indonesia yang dirundingkan melalui sidang-sidangnya.

 

BPUPKI mengadakan dua sesi, pada pertemuan pertama difokuskan pada pembentukan dasar negara atau perumusan dasar negara. Namun, perdebatan atas dasar negara ini memakan waktu lama karena berbagai kepentingan, mulai dari nasionalisme hingga agama.

 

Oleh karena itu, pada saat sidang, dibentuklah panitia kecil yang disebut Panitia Sembilan pada tanggal 1 Januari 1945 untuk menampung aspirasi, merancang rumusan dasar negara dan menetapkan undang-undang yang memuat rumusan kata dasar negara.

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …