Tokoh pimpinan indische partij yang dikenal sebagai tiga serangkai adalah dr. Tjipto Mangunkusumo, dr. Douwes Dekker dan Suwardi Suryoningrat (Ki Hajar Dewantara)

Tokoh pimpinan indische partij yang dikenal sebagai tiga serangkai adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal tokoh pimpinan indische partij yang dikenal sebagai tiga serangkai adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Tokoh pimpinan indische partij yang dikenal sebagai tiga serangkai adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Tokoh pimpinan indische partij yang dikenal sebagai tiga serangkai adalah dr. Tjipto Mangunkusumo, dr. Douwes Dekker dan Suwardi Suryoningrat (Ki Hajar Dewantara)

 

Pembahasan

Sejarah tiga serangkai

Tiga Serangkai dikenal dengan julukan kelompok yang beranggotakan tiga orang.

 

Pada masa pergerakan nasional, sebutan Tiga Serangkai merujuk pada tiga tokoh ternama yang menjadi pendiri dan pimpinan Indische Partij.

 

Para pemimpin Indische Partij sering dikenal dengan sebutan Tiga Serangkai, yaitu Douwes Dekker, Tjipto Mangunkusumo, dan Ki Hadjar Dewantara.

 

Berdasarkan sejarahnya, Indische Partij (IP) merupakan salah satu organisasi yang didirikan pada era pergerakan nasional di Indonesia pada awal abad ke-20.

 

Sejarah perjuangan perkumpulan berwawasan politik ini diawali oleh Tiga Serangkai. Organisasi ini memiliki keunikan pada namanya yang masih menggunakan bahasa Belanda.

 

Ini hanya karena pada saat itu bahasa Belanda adalah bahasa utama di kalangan terpelajar. Selain itu, penggunaan istilah Indonesia masih belum banyak disebut, sehingga digunakan kata “Indische”.

 

Organisasi ini menjadi wadah perjuangan dengan bentuk partai politik yang terbuka untuk semua orang di Hindia Belanda melalui penerapan ideologi nasionalisme India.

 

Douwes Dekker sebagai salah satu pendiri mengatakan bahwa tujuan dibentuknya Indische Partij adalah untuk mempersiapkan negara merdeka yang bebas dari belenggu Belanda.

Baca Juga:  Apa saja faktor eksternal dan internal yang menyebabkan kemerosotan voc

 

Mengusung jiwa patriotik yang tinggi, organisasi ini berkembang pesat hingga ke daerah-daerah di Indonesia saat itu.

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …