Sebab-sebab runtuhnya kerajaan banten pada zaman sultan ageng tirtayasa adalah Politik adu domba (Devide at Impera) menjadi faktor utama jatuhnya Kerajaan Banten pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa.

Sebab-sebab runtuhnya kerajaan banten pada zaman sultan ageng tirtayasa adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal sebab-sebab runtuhnya kerajaan banten pada zaman sultan agen tirtayasa adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Sebab-sebab runtuhnya kerajaan banten pada zaman sultan ageng tirtayasa adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Penyebab runtuhnya kerajaan banten pada zaman sultan ageng tirtayasa adalah

(1) Politik adu domba (Devide at Impera) menjadi faktor utama jatuhnya Kerajaan Banten pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa.

(2) Konflik internal antara penguasa dan rakyat, serta masalah perebutan kekuasaan di dalam kerajaan, menjadi salah satu penyebab runtuhnya Kerajaan Banten.

(3) Campur tangan VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) dalam urusan rumah tangga Kerajaan Banten membuat marah Sultan Ageng Tirtayasa. VOC berperan penting dalam kejatuhan kerajaan Banten karena berhasil menaklukkan Banten dan memperoleh hak monopoli perdagangan di wilayah tersebut.

[4] Kegagalan Sultan Ageng Tirtayasa memperluas wilayah kekuasaannya disebabkan oleh VOC yang bermarkas di Batavia.

Baca Juga:  Berdasarkan petunjuk maisekal terauchi hisalchi wilayah indonesia yang hendak dimerdekakan meliputi

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …