Rio berlatih melakukan gerakan sikap kayang dalam gerakan sikap kayang posisi awal kedua tangan bertumpu pada perut

Rio berlatih melakukan gerakan sikap kayang dalam gerakan sikap kayang posisi awal kedua tangan bertumpu pada

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi rio berlatih melakukan gerakan sikap kayang dalam gerakan sikap kayang posisi awal kedua tangan bertumpu pada

 

Untuk menjawab soal seperti ini, sebaiknya kamu mempelajari materi yang telah diajarkan sebelumnya  supaya lebih memudahkan untuk mengerjakan.

 

Tetapi apabila tetap kesulitan dalam menjawab soal yang ini, tenang saja karena jawaban dan pembahasan yang kami ambil dari berbagai referensi terpercaya akan kami berikan dalam artikel ini.

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Rio berlatih melakukan gerakan sikap kayang dalam gerakan sikap kayang posisi awal kedua tangan bertumpu pada

A. Pundak

B. Perut

C. Pinggul

D. Lutut​

 

Kunci Jawaban

Rio berlatih melakukan gerakan sikap kayang dalam gerakan sikap kayang posisi awal kedua tangan bertumpu pada perut (jawaban B)

 

Pembahasan

Gerakan kayang atau bridge pose  merupakan bentuk olahraga yang melibatkan senam lantai dan yoga. Gerakan ini menyerupai busur dan bertujuan untuk meregangkan dada, bahu, dan pinggul. Selain memberikan keleluasaan pada bagian-bagian tersebut, gerakan kayang juga melatih kekuatan otot perut, kaki, bahu, tangan, dan pinggang.

 

Pengertian Gerakan Kayang

Kayang atau bridge pose merupakan salah satu gerakan yang diasah dalam senam lantai atau floor exercise.

 

Fokus gerakan ini adalah upaya membentuk lengkungan ke atas, dengan telapak tangan dan kaki sebagai penopang.

Baca Juga:  Sebelum berenang sebaiknya melakukan pemanasan berupa peregangan otot-otot dengan tujuan

 

Tekanan pada bahu dan sebagian pinggang menjadi ciri khas gerakan ini, memperbaiki kelenturan tubuh pesenam.

 

Penilaian gerakan kayang melibatkan penempatan kaki lebih tinggi dan tekanan pada bahu serta sebagian pinggang.

 

Meskipun mirip dengan sikap lilin dalam tujuan melatih kelenturan tubuh, keduanya berbeda dalam penopan dan arah kaki yang digunakan.

 

Cara Melakukan Gerakan Kayang

Menurut Yoga Journal, gerakan kayang dapat memperkuat kaki dan pinggul, merelaksasi tulang belakang, serta membuka jantung untuk sirkulasi oksigen yang lebih lancar. Melakukan backbend atau membengkokkan punggung ke belakang membutuhkan kekuatan dan kelenturan tubuh yang baik.

 

Sikap Awal Tidur

  1. Mulailah dengan berbaring telentang.
  2. Tekuk lutut dan rapatkan tumit ke pinggul.
  3. Tekuk siku dan tempatkan telapak tangan di matras, dengan ibu jari di samping telinga.
  4. Angkat badan perlahan, didorong oleh tangan dan kaki lurus.
  5. Masukkan kepala di antara kedua tangan.

 

Sikap Awal Berdiri

  1. Berdiri dengan kedua kaki terbuka sedikit.
  2. Letakkan tangan di samping tubuh.
  3. Ayunkan tangan ke belakang secara bersamaan atau satu tangan.
  4. Lintangkan badan ke belakang hingga telapak tangan menyentuh matras.
  5. Pastikan posisi tangan stabil.
  6. Untuk keamanan, lakukan gerakan ini dengan bantuan tembok.

 

Minta Bantuan Orang Lain

  1. Berdiri dengan tangan di atas.
  2. Teman berada di depan atau samping dengan tangan di pinggul.
  3. Ayunkan tangan ke belakang.
  4. Lintangkan badan dan perhatikan posisi tangan.
  5. Tahan posisi hingga nyaman.
  6. Lepaskan bantuan teman secara perlahan.

 

Dengan memahami teknik-teknik ini, siapa pun, baik pemula maupun yang berpengalaman, dapat meraih manfaat gerakan kayang untuk kesehatan dan kelenturan tubuh.

Check Also

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali Radslag, Guling depan

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi gerakan senam lantai …