Penelitian terhadap fosil manusia purba di indonesia pertama kali dilakukan oleh Von Rietschoten

Penelitian terhadap fosil manusia purba di indonesia pertama kali dilakukan oleh

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal penelitian terhadap fosil manusia purba di indonesia pertama kali dilakukan oleh

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Penelitian terhadap fosil manusia purba di indonesia pertama kali dilakukan oleh

A. Teuku Jacob

B. Ter Haar

C. Eugene Dubois

D. Von Koenigswald

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Penelitian terhadap fosil manusia purba di indonesia pertama kali dilakukan oleh Von Rietschoten (jawaban A).

 

Pembahasan

Selama ini banyak kalangan yang memahami bahwa penemuan fosil manusia purba di Indonesia adalah Eugene Dubois pada 1981/1982 di Desa Trinil, Jawa Timur. Padahal, yang menemukan fosil manusia purba pertama di Indonesia adalah B.D. van Rietschoten pada tahun 1888 di Gunung Lawa, Desa Wajak. Di tahun yang sama, Eugene Dubois sedang melakukan eskavasi beberapa gua di Sumatera Barat salah satunya gua Lidah Ayer. B.D. van Rietschoten menemukan sebuah tengkorak yang dinamakan Wajak-1 berumur Holosen 10.000 taun yang lalu,” ujar Prof. Yahdi.

 

Setelah penemuan fosil Wajak-I yang dinamai Homo (sapiens) Wajakensis, dijelaskan Prof. Yahdi, terdapat penemuan lainnya yang dilakukan oleh Dubois di sepanjang aliran sungai Bengawan Solo di Desa Trinil pada tahun 1883. Fosil yang ditemukan oleh Dubois berada di lapisan tanah yang disebut dengan Kabuh Formation berumur Plestosen, yang dinamai Pithecanthropus Erectus.

 

Setelah menemukan fosil tersebut, lanjutnya, Dubois mendapatkan penemuan lainnya dari desa Sangiran, Kedungbrubus, Perning/Mojokerto, area Ngandong, pada tahun 1930-1940. Kemudian pada 1950-1970 ditemukan banyak penemuan di daerah Sangiran, Sambungmacan, dan Ngawi. Selanjutnya pada 1977-1978, Prof. Yahdi menemukan fragmen parietal dan dua gigi premolar di bukit Patiayam, Gunung Muria, dan pada 2004-2015 juga ditemukan fosil di Pulau Flores, serta pada 2016 ditemukan fosil fragmen temporal di pinggir sungai Lusi.

Baca Juga:  Karena upaya untuk mematahkan perlawanan aceh selalu mengalami kegagalan maka belanda menggunakan cara

 

Sumber: itb.ac.id

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …