Pada tanggal 19 desember 1948 belanda melancarkan agresi militer ii dengan tujuan melumpuhkan pusat pemerintahan Indonesia sehingga Belanda bisa menguasai Indonesia kembali

Pada tanggal 19 desember 1948 belanda melancarkan agresi militer II dengan tujuan

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal pada tanggal 19 desember 1948 belanda melancarkan agresi militer ii dengan tujuan

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Pada tanggal 19 desember 1948 belanda melancarkan agresi militer II dengan tujuan

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pada tanggal 19 desember 1948 belanda melancarkan agresi militer ii dengan tujuan melumpuhkan pusat pemerintahan Indonesia sehingga Belanda bisa menguasai Indonesia kembali.

 

Pembahasan

Setelah kemerdekaan Indonesia, Belanda kembali dan melancarkan sejumlah serangan. Serangan ini disebut agresi militer Belanda.

 

Dua serangan dilakukan terhadap Indonesia, Agresi Militer Belanda I atau Operatie Product dan Agresi Militer Belanda II atau Operatie Kraai alias Operasi Gagak.

 

Setelah gagal dalam agresi militer pertama pada 21 Juli-5 Agustus 1947, Belanda kembali menyerang Indonesia setahun kemudian.

 

Agresi militer Belanda yang kedua adalah serangan yang dilancarkan Belanda pada tanggal 19-20 Desember 1948. Operasi Gagak diawali dengan penyerangan ke Yogyakarta yang pada saat itu merupakan ibu kota dan pusat pemerintahan RI. Serangan juga menyebar ke sejumlah kota di Jawa dan Sumatera.

 

Tujuan agresi militer Belanda yang kedua adalah untuk melumpuhkan pusat pemerintahan Indonesia agar Belanda dapat kembali menguasai Indonesia.

 

Belanda ingin merebut kekayaan alam Indonesia untuk membangun ekonomi negaranya yang hancur setelah kalah Perang Dunia II.

Baca Juga:  Proses masuk dan berkembangnya agama islam di indonesia telah membawa perubahan besar dalam struktur sosial masyarakat indonesia yang sebelumnya berkarakteristik hindu-buddha. Kehadiran agama islam dapat diterima baik oleh sebagian besar masyarakat indonesia. Faktor penyebab islam berkembang pesat di indonesia adalah

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …