Orang-orang yang tergolong dalam kasta sudra adalah Kaum buangan

Orang-orang yang tergolong dalam kasta sudra adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal orang-orang yang tergolong dalam kasta sudra adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Orang-orang yang tergolong dalam kasta sudra adalah

A. Raja

B. Bangsawan

C. Pedagang

D. Prajurit perang

E. Kaum buangan

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Orang-orang yang tergolong dalam kasta sudra adalah Kaum buangan (jawaban E)

 

Pembahasan

Dalam budaya Hindu, ini dikenal sebagai stratifikasi sosial. Masyarakat dibagi menjadi beberapa tingkatan atau kasta yang disebut kasta atau warna. Ada empat kasta: Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra. Sistem ini disebut juga Catur Warna (empat warna).

 

Sistem ini berasal dari India, negara asal agama Hindu, dan juga diterapkan di india pada masa Hindu-Buddha, seperti Kerajaan Mataram Kuno atau Kerajaan Majapahit. Saat ini, umat Hindu di Bali juga menerapkan sistem ini.

 

Di india, penerapan sistem kasta tidak seketat atau seketat di India. Di India, dalam praktik yang paling ketat, orang dari kasta yang berbeda dilarang menikah, dan bahkan orang dari kasta yang lebih tinggi tidak dapat makan dari piring yang sama atau terkena bayang-bayang dari kasta yang lebih rendah.

 

Keempat kasta tersebut adalah:

  1. Kasta Brahmana

Brahmana adalah kasta pendeta, pemimpin agama, dan guru. Orang-orang dari kasta brahmana diberi hak untuk memimpin upacara keagamaan, memberi berkah dan mengurus pura.

 

  1. Kasta Ksatria

Kasta ini adalah prajurit, raja, dan bangsawan. Orang-orang dari kasta brahmana umumnya menjalankan pemerintahan dan memimpin kerajaan. Mereka juga memimpin perang pada umumnya.

 

  1. Kasta Waisya
Baca Juga:  Berikut ini merupakan pengaruh agama dan kebudayaan hindu-budha di indonesia, kecuali

Golongan ini adalah para pedagang, pengrajin dan pengusaha. Orang kasta Vaishya bekerja di bidang perdagangan dan keuangan.

 

  1. Kasta Sudra.

Kasta ini adalah kasta yang lebih rendah, terdiri dari petani, buruh, pembantu, dan penjaga. Mereka umumnya berstatus sosial rendah dan miskin.

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …