Karena upaya untuk mematahkan perlawanan aceh selalu mengalami kegagalan maka belanda menggunakan cara Memerintahkan Snouck Hurgronje untuk meneliti masyarakat Aceh

Karena upaya untuk mematahkan perlawanan aceh selalu mengalami kegagalan maka belanda menggunakan cara

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal karena upaya untuk mematahkan perlawanan aceh selalu mengalami kegagalan maka belanda menggunakan cara

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Karena upaya untuk mematahkan perlawanan aceh selalu mengalami kegagalan maka belanda menggunakan cara

A. Memerintahkan Snouck Hurgronje untuk meneliti masyarakat Aceh

B. Mendirikan benteng-benteng pertahanan yang kuat

C. Mengajak sultan-sultan Aceh untuk berdamai

D. Mengadu domba bangsawan dan rakyat Aceh

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Karena upaya untuk mematahkan perlawanan aceh selalu mengalami kegagalan maka belanda menggunakan cara Memerintahkan Snouck Hurgronje untuk meneliti masyarakat Aceh (jawaban A)

 

Pembahasan

Pada masa penjajahan Indonesia, Perang Aceh (1873-1904) menjadi salah satu gejolak tersulit dan berkepanjangan yang pernah dihadapi Belanda.

 

Setelah lebih dari dua dekade tidak mencapai hasil yang diinginkan, Belanda memutuskan mengubah strateginya. Belanda akhirnya mengirim Dr. Snoke Horgonje.

 

Belanda menugaskan Dr. Snouck Hurgronje untuk memenangkan Perang Aceh dengan menjalin hubungan yang harmonis dengan rakyat Aceh.

 

Untuk menaklukkan Aceh, Belanda akhirnya menempuh jalan mencari rahasia kekuatan rakyatnya, terutama yang berkaitan dengan kehidupan sosial dan budaya.

 

Tokoh yang diutus Belanda untuk menyelidiki konstitusi Aceh agar diketahui kelemahan rakyat Aceh adalah Dr. Snouck Hurgronje. Snouck Hurgronje adalah seorang orientalis Belanda terkenal yang memahami Islam dan memiliki pengalaman berurusan dengan orang Aceh selama di Mekkah.

 

Dr. Snouck Hurgronje dipandang sebagai orang yang tepat untuk bergabung dengan rakyat Aceh dan diberi tugas untuk menyelesaikan kesulitan Belanda dalam menaklukkan Aceh.

Baca Juga:  Pembabakan dan pengklasifikasian peristiwa-peristiwa dalam sejarah disebut dengan

 

Pada Juli 1891, Dr. Snouck Hurgronje sempat masuk ke Aceh untuk mempelajari adat, budaya dan ajaran Islam kepada masyarakat. Selama beraktivitas di Aceh, nama samaran Dr. Snouck Hurgronje adalah Abdul Gafar.

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …