Berdasarkan petunjuk maisekal terauchi hisalchi wilayah indonesia yang hendak dimerdekakan meliputi Seluruh bekas jajahan hindia belanda

Berdasarkan petunjuk maisekal terauchi hisalchi wilayah indonesia yang hendak dimerdekakan meliputi

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu berdasarkan petunjuk maisekal terauchi hisalchi wilayah indonesia yang hendak dimerdekakan meliputi

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Berdasarkan petunjuk maisekal terauchi hisalchi wilayah indonesia yang hendak dimerdekakan meliputi

A. Seluruh bekas jajahan hindia belanda

B. Seluruh bekas jajahan belanda

C. Seluruh bekas jajahan jepang

D. Seluruh kalimantan,jawa,sumatra,madura

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Berdasarkan petunjuk maisekal terauchi hisalchi wilayah indonesia yang hendak dimerdekakan meliputi Seluruh bekas jajahan hindia belanda (jawaban A)

 

Pembahasan

Sebelum kekalahan Jepang di Pasifik, Perdana Menteri Jepang Jenderal Kuniaki Koiso menjanjikan kemerdekaan bagi Indonesia, Burma, dan Filipina.

 

Namun ketika para pemimpin Indonesia yang dipimpin oleh Soekarno mencoba untuk menegaskan hal ini kepada para pemimpin militer Jepang di Indonesia, mereka memiliki pendapat yang berbeda.

 

Komando Angkatan Darat ke-16 di Jawa setuju untuk membebaskan seluruh wilayah Hindia Belanda, sedangkan Angkatan Darat ke-25 di Sumatera dan Armada Angkatan Laut ke-2 di Indonesia menolak dan mengatakan bahwa hanya Jawa yang dibebaskan.

 

Untuk memecahkan kebuntuan dan perseteruan politik tersebut, Soekarno, M. Hatta, Radjiman Widjodiningrat berangkat ke Dalat atas izin pemerintah Angkatan Darat ke-16 dan PPKI untuk bertemu dengan Panglima Angkatan Darat Jepang di Asia Tenggara, Marsekal Terauchi.

 

Dalam pertemuan itu, Marsekal Terauchi membenarkan keputusan Perdana Menteri Koeso dan Komando Angkatan Darat ke-16 dan meminta Soekarno mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di seluruh Hindia Belanda.

 

Dengan demikian, daerah-daerah yang dibebaskan berdasarkan keputusan Marsekal Terauchi adalah semua daerah yang berada di bawah kekuasaan Hindia Belanda, atau seluruh Indonesia.

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …