Pengesahan pancasila sebagai dasar negara terjadi pada tanggal 18 Agustus 1945 pada Sidang PPKI

Pengesahan pancasila sebagai dasar negara terjadi pada tanggal

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu pengesahan pancasila sebagai dasar negara terjadi pada tanggal

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Pengesahan pancasila sebagai dasar negara terjadi pada tanggal

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pengesahan pancasila sebagai dasar negara terjadi pada tanggal 18 Agustus 1945 pada Sidang PPKI.

 

Pembahasan

Pengesahan Pancasila sebagai dasar negara adalah salah satu momen paling bersejarah dalam perjalanan Indonesia menuju kemerdekaan dan pembentukan negara yang merdeka. Artikel ini akan membahas dengan detail peristiwa pengesahan Pancasila sebagai dasar negara.

 

Proses Perumusan Ideologi

Setelah proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia menghadapi tantangan besar dalam menentukan ideologi yang akan menjadi dasar negara. Proses perumusan ideologi ini sangat penting karena akan membentuk landasan nilai dan prinsip bagi negara yang baru merdeka.

 

Panitia Sembilan

Panitia Sembilan adalah kelompok yang bertugas merumuskan ideologi Indonesia. Kelompok ini terdiri dari sembilan tokoh terkemuka, termasuk Soekarno, Mohammad Hatta, dan Ki Hadjar Dewantara. Mereka mengadakan berbagai pertemuan dan diskusi untuk merumuskan ideologi yang sesuai dengan nilai-nilai Indonesia.

 

Empat Pilar Pancasila

Dalam proses perumusan ideologi, Panitia Sembilan mengidentifikasi empat pilar utama yang akan menjadi dasar ideologi negara Indonesia. Pilar-pilar tersebut adalah:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

 

Pilar-pilar inilah yang kemudian menjadi dasar dari Pancasila.

Baca Juga:  Bagaimanakah proses asal tersebarnya agama hindu-budha ke lingkungan rakyat biasa

 

Sidang PPKI

Pada tanggal 18 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) menggelar sidang penting di Jakarta. Sidang ini dihadiri oleh para pemimpin perjuangan kemerdekaan dan dipimpin oleh Soekarno. Pada sidang ini, Pancasila secara resmi diajukan sebagai dasar negara Indonesia.

 

Pengesahan Pancasila

Pada tanggal 18 Agustus 1945, Pancasila disahkan sebagai dasar negara dalam sidang PPKI. Keputusan ini diambil melalui proses perundingan yang panjang dan mendalam. Pengesahan Pancasila sebagai dasar negara mengukuhkan landasan nilai dan prinsip-prinsip yang akan membentuk negara Indonesia yang baru.

 

Pentingnya Pengesahan Pancasila

Pengesahan Pancasila sebagai dasar negara memiliki dampak yang sangat signifikan. Itu tidak hanya menjadi fondasi ideologi Indonesia tetapi juga menyatukan beragam suku, budaya, dan agama di dalam satu negara yang merdeka. Pancasila menjadi pegangan dalam membangun bangsa yang adil, makmur, dan berdaulat.

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …